“DOUDOU”? “BÉBÉ”? APA ITU?

987165 (2).jpg

source: nattou.eu

Beberapa bulan setelah pernikahan, saya dan istri sempat berbincang santai di atas kasur. “Kalau nanti punya anak, Kakak pengen dipanggil Doudou”, saya bilang. Saat itu saya sendiri belum terlalu paham artinya. Yang saya tahu, panggilan-panggilan sayang di Prancis terbilang cukup aneh-aneh. Mulai dari mon chou yang artinya kubisku (yup, sayur kol) sampai yang paling aneh (menurut saya) ma puce yang artinya kutuku (what? KUTU YANG DI RAMBUT? Iya!)

DOW-DOW

Ada banyak sekali jenis panggilan sayang di Prancis, ya salah duanya “doudou” dan “bébé”. Pertama, cara bacanya dulu, deh. Karena ini bukan bahasa yang familier di negara kita, sangat wajar kalau pengucapannya tidak tepat, khususnya untuk kata “doudou”. Beberapa orang yang sering membaca caption atau unggahan saya di media sosial, saat bertemu dengan Mbak Ayung pasti dengan pengucapan seperti ini, “Hai, Mbak Ayung. Lucu banget, sih. Kok mirip banget sama DOW-DOW-nya?”. Me and my wife… smile!

20190624_131717(1).jpeg

Tulisan “doudou”, pengucapannya yang benar adalah: [dudu]. Yup, semudah itu tanpa kita harus memonyongkan bibir secara berlebihan. Sedangkan “bébé”, walaupun ada “alis” di kedua huruf e-nya, cara membacanya tidak berubah. Sebagaimana melafalkan huruf dalam bahasa Indonesia: [bebe].

Sejarahnya?

Lalu, bagaimana sejarah kata “Bébé” dan “Doudou” muncul di keluarga kecil kami menjadi sebuah panggilan. Saya sendiri mengenal kata doudou saat saya tinggal di sebuah keluarga angkat di Paris yang istrinya memanggil suaminya dengan sebutan “Doudou”. Entah kenapa, saya langsung suka dengan panggilan itu walaupun belum tahu artinya. “Bébé” sendiri merupakan panggilan yang cukup populer untuk istri saya saat ia masih kuliah. Istri saya dipanggil dengan sebutan “Bébé” oleh teman-teman dan kakak kelasnya (termasuk saya) karena bertubuh kecil, mungil dan mirip dengan pemeran di iklan susu Bebelac, maka dipanggillah dengan panggilan “Bebe”, yang mana juga salah satu dari kosa kata bahasa Prancis: Bébé.

DevianArt.jpg

source: DevianArt.com

Arti dan nilai?

Nah, bagaimana artinya dalam bahasa Indonesia dari kata doudou dan bébe itu sendiri? Dan apa value yang ingin dibawa dengan menggunakan panggilan itu dari anak ke kami sebagai orang tuanya? Karena, dua kata itu dalam bahasa Prancis digunakan sebagai panggilan sayang untuk pasangan, bukan ke orang tua.

Baiklah, doudou sendiri (menurut www.wordreference.com) artinya cuddly toy, comforter, comfort blanket atau dalam bahasa Indonesianya mainan yang nyaman dipeluk atau selimut yang nyaman. Rasanya tidak salah menggunakan kata doudou untuk anak memanggil ke orang tuanya. Dengan harapan, si anak dapat merasakan kenyamanan, kehangatan, dan kebahagiaan dari orang tuanya, khususnya ayahnya. Sedangkan kata bébé (menurut sumber yang sama) artinya baby atau bayi. Lah, kenapa ibunya dipanggil bayi? Bukan, bukan karena itu. Lebih karena panggilan “Bébé” itu punya sejarah yang lucu saja untuk dikenang, ditambah lagi panggilan itu digunakan orang Prancis untuk memanggil kesayangannya. Sah-sah saja, kan, anak memanggil orang tuanya dengan panggilan “sayang”, yang mudah-mudahan menjadi energi positif untuk terus menumbuhkan kasih sayang antara ibu dan anak.

Fatherly.jpg

source: fatherly.com

Ya, itulah seputar panggilan “Doudou” dan “Bébé”. Bukan sekedar mau keren-kerenan panggilan. Ada sejarah dan ada nilai-nilai yang ingin di sampaikan dari sebuah panggilan anak ke orang tuanya, khususnya di keluarga kecil kami. Di sisi lain, untuk menunjukkan identitas saja bahwa ibu bapaknya pernah belajar bahasa Prancis, yang katanya bahasa paling romantis di dunia. Atau… bahasa paling munafik di dunia? Entahlah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s