Pulang


“Setelah semua peran dan perjalanan, maka pada Tuhanlah tempat kita berpulang”. Itulah kalimat yang pertama kali terlintas di kepala saya ketika selesai membuat puisi ini. Namun, puisi ini tentu akan multi tafsir bagi siapa saja yang membacanya, karena menceritakan tentang pulang, yang mana “pulang” bukan saja kembali kepada Tuhan, bisa saja kembali ke rumah atau ke tempat dari mana kita berasal. 

“Pulang… dalam pemaknaan yang lebih esensial adalah arah terakhir yang kita tuju setelah usai memainkan peran yang diberikan Tuhan di dunia”.

Pulang dalam pemaknaan yang sederhana tak jauh seperti seorang siswa sekolah yang kembali ke rumah ketika selesai menuntaskan ujian di sekolah. Atau para pekerja yang pulang ke rumah ketika penat seharian menggeluti tumpukan-tumpukan tugas di kantor. Bisa juga bagi para perantau yang kembali ke tanah asalnya setelah usai bertarung di tanah orang baik untuk menimba ilmu ataupun mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Dan bisa pula dimaknai dengan datang ke pelukan seseorang yang begitu mencintai dan kita cintai setelah jauh berjalan dan lelah dalam penantian serta pencarian.

Ya, pulang akan selalu multi tafsir. Namun bagi saya, pulang dalam pemaknaan yang lebih esensial adalah arah terakhir yang kita tuju setelah usai memainkan peran yang diberikan Tuhan di dunia. Dan ujung dari semua itu, Tuhan memberikan kita penilaian, apakah kita telah dengan baik memainkan peran itu ketika berpulang padanya. 

Puisi ini saya selesaikan bulan Agustus lalu di Kota Kembang. Lama saya simpan dan saya siapkan untuk video sajak bermelodi ini. Dan hari ini, sambil menunggu penerbangan menuju Surabaya dari Bandara Internasional Kuala Namu, Medan, saya tuntaskan sajak bermelodi ini untuk dipublikasikan dan dapat dinikmati para pecinta sajak. Harapan saya, puisi ini dapat menjadi pemaknaan bagi setiap manusia bahwa ujung dari semua yang kita lakukan, pada akhirnya adalah untuk berpulang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s